Daun Insulin, Solusi untuk Mengobati Diabetes & Kencing Manis dengan Bahan Alami

Daun insulin, daun yakon, atau dalam bahasa latin disebut smallanthus sonchifolius adalah tanaman yang aslinya berasal dari dataran pegunungan Andes, Amerika Selatan. Tanaman ini terkenal sebagai pemanis alami dan juga sebagai pengobatan alternatif kondisi medis tertentu, seperti diabetes dan kencing manis. Khasiat ini sudah dimanfaatkan oleh penduduk setempat sejak lama dan dibuktikan secara empiris.

 



Tanaman insulin atau yakon memiliki batang yang tinggi dan ramping, biasanya dapat tumbuh hingga ketinggian 1-2 meter. Daunnya berwarna hijau tua dengan permukaan kasar, bentuknya besar dan lebar seperti hati. Tanaman yakon yang berumur akan ditumbuhi bunga berwarna kuning yang tersusun di ujung batangnya. Akarnya berbentuk umbi putih berbulu, memiliki rasa manis dan renyah. Sementara buahnya berbentuk seperti kapsul kecil dan berbiji kecil.

Di Indonesia sendiri, tanaman ini belum begitu dikenal, tapi sudah dibudidayakan di berbagai tempat. Tanaman yakon dapat tumbuh subur di area beriklim tropis dengan curah hujan yang cukup, sangat cocok dengan kondisi di Indonesia. Karena tanaman ini butuh sinar matahari penuh dan tanah yang lembap agar bisa tumbuh dengan baik.



Bagian tanaman insulin atau yakon yang sering dimanfaatkan untuk pengobatan adalah daunnya. Daun insulin diketuhui mengandung berbagai komponen dan senyawa yang bermanfaat untuk pengobatan alternatif penyakit diabetes dan kencing manis.
Daun Insulin untuk Pengobatan Alternatif Diabetes & Kencing Manis

Diabetes adalah penyakit mematikan yang sering dijumpai. Penyakit diabetes harus ditangani dengan tepat, jika tidak penderita akan hidup bersama diabetesnya seumur hidup. Diabetes dapat disembuhkan dengan pengobatan medis, memerlukan jangka waktu yang panjang dan biaya yang mahal. Itulah mengapa, daun insulin bisa menjadi pengobatan alternatif yang cocok.

Dikutip dari artikel pada Medical Journal of Lampung University, pada 1980, WHO merekomendasikan agar dilakukan penelitian pada tanaman yang mempunyai efek menurunkan kadar gula darah, karena dirasa penggunaan obat modern kurang aman. Tanaman yakon adalah salah satu tanaman yang dimaksud.

Diketahui, daun insulin memiliki khasiat anti-diabetes, antioksidan, melindungi fungsi hati, prebiotik, hingga anti-bakteri. Daun dari tanaman yakon ini, secara empiris digunakan sebagai obat anti-diabetes sejak lama. Dimanfaatkan dengan cara direbus, dimasak, atau dibuat sebagai minuman teh. Sehingga berkhasiat dalam menurunkan gula darah.

Fungsi daun insulin bagi penderita diabetes adalah sebagai pemanis alami, peningkat sekresi insulin, peningkat sensitivitas reseptor insulin, menurunkan produksi gula di hepatosit, memodulasi sindrom metabolik dan dislipidemia, serta sebagai antioksidan alami tubuh.
Kandungan Daun Insulin

Alasan mengapa daun yakon lebih dikenal sebagai daun insulin adalah karena kandungan protein, karbohidrat, lemak esensial, serta gula-gula fruktosa yang tidak dapat dicerna enzim pencernaan, tapi bisa difermentasi oleh usus besar. Penelitian mengatakan, konsumsi fruktosa dari sumber alami tidak membahayakan kesehatan. Itulah mengapa, daun insulin sering digunakan sebagai pemanis alami untuk penderita diabetes maupun kencing manis.

Daun insulin juga diketahui mengandung senyawa fenol, seperti asam klorogenat, caffeic acid, dan feluric acid. Senyawa ini dapat memperbaiki sel pankreas pada pasien diabetes dengan cara meningkatkan sekresi insulin dan sensitivitas reseptor insulin.

Senyawa smallanthaditerpenic dalam daun insulin mampu menghambat penyerapan glukosa dari makanan berkarbohidrat yang kita konsumsi seperti dalam nasi, kentang dan umbi-umbian. Fructooligosakarida yang terkandung dalam daun insulin dapat mengatur sindrom metabolik dan dislipidemia dengan menurunkan penyerapan kolesterol di usus halus. Kemudian senyawa fructooligosaccharides adalah senyawa yang bersifat prebiotik yang baik untuk bakteri baik dalam usus.

Kandungan lainnya seperti lipid, serat, sakarida, catechine, terpenes, dan flavonoid dalam daun tersebut dapat membantu menurunkan produksi glukosa di hepatosit, layaknya cara kerja insulin di dalam tubuh.
Penutup

Segala manfaat yang telah dijelaskan dapat ditemui dalam produk kapsul Insulakaps atau minuman Teh Daun Insulin dari Herbal Indo Utama. Tidak perlu bersusah payah mencari daun insulin yang sukar didapatkan atau mengolahnya dengan berbagai cara yang rumit, konsumen dapat merasakan segala manfaatnya dalam sediaan kapsul atau teh yang sangat praktis dan murah.

Komentar