Seri Mojok Wedhangan

Seri Mojok Wedhangan :   Gegara Polutan Tubuh Merentan (1)

 Akhir Agustus lalu berdasarkan prediksi BMKG merupakan puncak musim kemarau di Indonesia yang -- biidznillah-- dipengaruhi fenomena El Nino. Seiring dengan datangnya puncak kemarau tersebut, ternyata ada fenomena yang menarik. Saya coba intip dengan Google Trends, berita yang berkaitan dengan polusi udara terlihat meningkat pesat sejak awal Agustus. Banyak pengguna internet mencari wawasan tentang hal-hal yang terkait dengan polusi udara, pencemaran udara, gas berbahaya, hujan buatan, pabrik pencemar udara dan topik sejenis lainnya. Ini menarik. Padahal secara literasi sebenarnya kasus polusi udara (terkhusus di Jakarta) sudah dikeluhkan sejak dulu awal 90an. Anda yang lahir tahun-tahun tersebut, kemungkinan sudah menggendong anak saat ini. 
]Banyak kemungkinannya mengapa kasus polusi udara ini mengembang untuk didiskusikan. Beberapa video di medsos mencoba menggambarkan bagaimana kondisi ibukota yang tampak berkabut di siang hari. Bahkan sejumlah pengguna akun medsos membandingkan video ibukota saat pemberlakuan PPKM lalu dengan video terkini Jakarta yang berkabut. Memang, saat pemberlakuan PPKM pada Februari 2022 ibukota tampak langit berawan yang lebih bersih dibandingkan Agustus 2023. Lantas Apa Urgensinya? Saya kira sangat penting untuk melihat sumber pencemarannya apa dan dimana. Disinyalir 70% pencemaran udara disebabkan transportasi, lebih spesifik lagi oleh pembakaran bahan bakar yang tidak sempurna di dalam mesin. Ini kata salah seorang peneliti di tahun 2018. Bisa saja data itu berubah atau berkembang. Banyak sumber pencemaran dari aktivitas publik di luar ruangan. Pembangunan gedung dan jalan yang terus berlangsung juga ikut andil menjadi sumber polusi udara. Di luar Jawa, aktivitas pembakaran hutan juga ikut andil. Sementara itu, di dalam ruangan (boleh percaya deh..) asap rokok itu juga sumber polusi yang berbahaya.
 Bahkan asap rokok elektrik yang konon dipercaya sebagian orang lebih aman dibandingkan rokok filter & kretek itu juga berbahaya. Sangat bahaya. Datanya? Nanti saya share juga, insyaallah. Urgensinya tidak lepas dari pentingnya kesehatan untuk kita dan generasi mendatang. 

Catatan :
 Seri Mojok Wedhangan merupakan seri artikel yang berisi hal-hal sederhana terkait dengan Layanan Konsultasi Medis Herbal Indo Utama. 
Oleh : dr. Didit Aktono Hadi 
* Dokter & Praktisi Pengobatan Herbal / Konsultan Medis Herbal Indo Utama 
* Marketing Management Support Herbal Indo Utama 
* Business Model Canvas & Lean Canvas Observer

Komentar